​50 Animator Siap Bantu Kpu Kota Padang Sosiasisasikan Pemilu 2019

50 animator siap bantu kpu padang sosiasisasikan pemilu 2019

PADANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Rabu (19/12/2018) kembali melaksanakan kursus pemilu dalam rangka meningkatkan peran masyarakat serta partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun 2019. Dalam kursus pemilu kali ini KPU Kota Padang mengundang animator Kota Padang yang tergabung dalam kelompok animator dan industri kreatif se-kota Padang bersama AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia).

Kursus Pemilu kali ini mengangkat tema "Peran IT dan Kelompok Kreatif dalam meningkatkan partisipasi Pemilu 2019". Kegiatan yang dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Padang Mahyuddin dan Chandra Eka Putra, Kasubag Teknis dan Hupmas Sutrisno. Kegiatan yang diadakan di Gubuk Cafe, Kuranji Padang.

Kursus pemilu ini di moderatori oleh Ketua Ainaki Taufik Gusman dengan 2 orang narasumber Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Padang Mahyuddin dan Agustian Piliang Kasubag Program dan Data KPUSumbar.

Mahyuddin menyampaikan bahwa tujuan Pemilu adalah untuk memilih anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Presiden dan Wakil Presiden. Nanti pada hari pemungutan suara Rabu 17 April 2019, WNI yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih akan mendapatkan 5 jenis Surat Suara. Mahyuddin juga memperagakan spesimen surat suara pemilu 2019 dan cara memberikan hak pilih di TPS.

Dalam kesempatan itu, Agustian Piliang dalam materinya mengajak para animator se-kota Padang siapapun bisa terlibat dalam poitik dan memiliki penyampaian yang berbeda-beda, Peran animator dan programmer dalam politik sangatlah besar serta ada 3 hal yang harus dikuasai oleh para pegiat animasi dan industri kreatif jika ingin mengambil peran dalam tema-tema kepemiluan. Pertama, penguasaan instrumen IT, baik hardware maupun software animasi dan desain kreatif. Kedua, materi-materi sosialisasi tahapan pemilu 2019. Ketiga, sentuhan seni dalam mengemas materi sosialisasi pemilu menjadi produk animasi, Sparkol Videoscribe dan desain kreatif, sehingga mampu mengemas dan menampilkan materi-materi yang rumit menjadi bentuk yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

Ketua Ainaki Taufik Gusman beserta komunitasnya, menyambut baik kegiatan ini dan sangat antusias, sehingga direncanakan lomba animasi dan desain kreatif tentang Pemilu 2019, sebagai tindak lanjut kegiatan kursus ini.Kegiatan tersebut diisi oleh narasumber dari KPU Sumbar agustian Piliang Kasubag Data dan Program KPU Sumbar dan Mahyudin komisioner KPU Kota Padang dan dimoderatori oleh Taufik yang merupakan salah seorang kreator muda Indonesia yang juga dosen di Politeknik Negeri Padang. [Media-Center.1]