AIPI BERSAMA KPU SOSIALISASI MELALUI FOKUS GROUP DISCUSION

WHIZ HOTEL PADANG-Kamis (3/05/2018) Asosiasi Ilmu Politik Indonesia Cabang Padang mengajak mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Padang dalam kegiatan sosialisasi yang dilangsungkan di Hotel Whiz Padang pada pukul 07.30 Wib dengan Narasumber Ketua KPU Kota Padang Muhammad Sawati dan Dosen Ilmu Politik Universitas Andalas DR. Prof.Sri Zul chariyah. M.A. kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih muda perempuan Kota Padang tentang penyelenggaraan Pilwako Kota Padang tahun 2018 dan mengumpulakan masukan dari pemilih muda perempuan yang ada di Kota Padang.

Tema yang di angkat dalam sosialisasi bertajuk diskusi tersebut yaitu “Perempuan Muda Generasi Perubahan Dalam Demokrasi Indonesia. Tema tersebut didasari untuk mahasiswa yang kebanyakan perempuan serta mengajak mereka untuk menggunakan hak pilih dan menyebarkan pada masyarakat akan pentingnya memilih. Peserta yang hadir dalam Sosialisasi yang bertajuk Focus Group Discusion bersama AIPI dan KPU Kota Padang dihadiri sebanyak 30 peserta dari jurusan ilmu politik berbagai kampus di Kota Padang. Dalam diskusi banyak peserta yang belum mengerti tentang tahap-tahap yang dilaksanakan oleh KPU menjeang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Tahun 2018. Banyak pertanyaan yang muncul dan dapat dijawab oleh Ketua KPU Kota Padang M. Sawati.

Ketua KPU Kota Padang M. Sawati dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa” sekarang ini perempuan lebih banyak dari laki-laki, perempuan merupakan penentu politik yang berjalan di Negara ini dan perempuan harus tau tentang arti pentingnya menggunakan hak politik mereka. Sosialisasi yang digelar ini merupakan suatu langkah awal bagi perempuan untuk memulai miningkatkan kesadaran akan arti dan nilai politik beserta sadar akan pentingnya ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia dan dapat menggunakan hak pilih mereka nanti pada tanggal 27 Juni mendatang untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Tahun 2018. Serta M. Sawati juga memberikan penjelasan mengenai tata cara dalam melaksanakan kampanye dan menjelakan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh pasangan calon dalam kampanye.

Dosen Ilmu Politik Universitas Andalas DR. Prof. Sri Zul Chairiyah .M.A juga memberikan pemahaman politik kepada peserta bahwa politik merupakan sesuatu kekuasaan, partisipasi dalam politik adalah suatu ajaran demokrasi yang sangat baik. Permasalahan yang timbul di dalam masyarakat Kota Padang saat ini adalah tidak seimbangnya ekonomi dan politik, hal tersebut yang mengurangi akan sadarnya masyarakat Kota Padang untuk menggunakan hak pilih mereka dalam pemilu. Dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sudah seharusnya pemerintah memberikan keseimbangan politik dan ekonomi. Untuk kesempatan ini beliau juga menyerukan kepada peserta untuk terus mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka dan berpartisipasi dalam politik.

Acara sosialisasi yang dilaksanakan oleh AIPI dalam tajuk Focus Group Discusion berjalan sngant lancar serta sangat memberikan pemahaman yang berarti bagi mahasiswa yang hadir. KPU dan AIPI berharap dengan hasil tersebut mereka dapat menjadi contoh dan menjawab pertanyaan dalam masyarakat tentang arti penting masyarakat perempuan dalam dunia politik dan menggunakan hak pilih. Dari hasil tersebut KPU Kota Padang juga akan merangkum dan menjadi masukan dalam penyelenggaraan Pilwako Kota Padang pada 27 Juni.[Media-Center.1]