​KPU GELAR SOSIALISASI DAN SIMULASI PEMUNGUTAN SUARA BAGI TUNANETRA

PADANG- Sabtu (09/06/2018) KPU Kota Padang gelar sosialisasi dan simulasi pemungutan suara menjelang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang yang akan diselenggarakan pada Rabu 27 Juni mendatang. Dalam sosialisasi langsung dihadiri oleh Ketua KPU Kota Padang Muhammad Sawati, Sekretaris Lucky Darma Ali dan Kasubag Teknis Sutrisno Beserta staf.


Pertemuan yangdilakukan di gedung Koperasi Kota Padang dihadiri sebanyak 60 peserta Tunanetra yang berasal dari Persatuan tunanetra Indonesia (PERTUNI) , KPU Kota Padang Lakukan Sosialisasi sekaligus mengadakan simulasi untuk tunanetra. Tujuan diadakan praktek secara langsung adalah untuk memberi tahukan bagaimana melakukan pencoblosan di TPS nantinya dengan menggunakan alat bantu berupa template yang diatasnya tertera huruf Braille.

Simulasi ini dilakukan agar semua tunanetra dapat mengunakan hak pilih mereka pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Tahun 2018 yang akan diselenggarakan pada 27 Juni serta sosialisasi dan simulasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih tunanetrapada pemilu nanti. Ketua kelompok penyandang tunanetra dalam sosialisasi dan simulasi sangat mengapresiasi kegiatan ini serta berharap dengan kegiatan ini nantinya akan memudahkan bagi penyandang tunanetra untuk melakukan pemilihan nanti dan tidak mengalami masalah lagi karena dengan adanya simulasi ini kami semua bisa mengetahui tatacara memilih. Kami mengucapkan terimakasih kepada KPU Kota Padang karena telah memberikan kesempatan untuk kami dengan memberikan pelajaran dalam tatacara memilih.

Acara yang dimulai pukul 14.30 ini diawali dengan sosialisasi secara umum yang bertujuan tidak hanya mengajak masyarakat dari berbagai kalangan untuk memilih tetapi juga dapat menjadikan pemilih lebih cerdas sehingga diharapkan menghasilkan pemilu berkualitas. Pukul 17.30 Wib acara selesai digelar seluruh peserta di ajak untuk berbuka bersama berbuka puasa bersama. [Media-Center.1]