KPU KOTA PADANG BEKALI OPERATOR SELURUH KECAMATAN KOTA PADANG DALAM BIMTEK SITUNG

KPU KOTA PADANG BEKALI OPERATOR SELURUH KECAMATAN KOTA PADANG DALAM BIMTEK SITUNG

KPU KOTA PADANG-Senin (18/06/2018) Komisi Pemillihan Umum (KPU) Kota Padangmenggelar bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) pemilihan Walikota dan Wakil WALIKOTA Padang Tahun 2018 yang diLaksanakan di RPP (Rumah Pintar Pemilu) Kantor KPU Kota Padang.Seluruh operator untuk kecamatan sekota padang sebanyak 11 orang hadir untuk melakukan bimtek dalam mengunakan aplikasi situng.

Acara di mulai pada pukul 10.00 Wib dengan dibuka oleh Ketua KPU Kota Padang M.Sawati bersama Komisioner dan Kasubag Teknis di lantai II Aula Kantor KPU Kota Padang. Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Padang M.Sawati menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk membahas, mempelajari, dan mempratekkan secara langsung penggunaan Aplikasi Situng untuk Pilkada 2018. Kommisioner KPU Kota Padang Chandra Eka Putra Divisi Teknis berharap dengan pelaksanaan bimtek ini penggunaan aplikasi situng dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua operator khususnya dalam mengetahui cara mengoperasikan aplikasi situng yang menjadi tahapan penting dalam proses penghitungan suara dan rekapitulasi penghitungan suara. Karena maksud dari pelaksanaan Bimtek Situng Pilkada yaitu untuk dapat memberikan pemahaman dan pengetahuaan kepada penyelenggaraan terhadap penggunaan Situng Pilkada 2018.

Setelah pembukaan seluruh peserta bimtek langsung menuju ruang RPP untuk mendapatkan pengenalan dan mempelajari aplikasi situng yang dipimpin langsung oleh Rhoma Andika Staf Teknis KPU Kota Padang yang menjadi operator dalam pelaksanaan bimtek tersebut. Para peserta nampak antusias mengikuti sesi ini, mengingat materi yang disampaikan nantinya akan dipraktekkan langsung pada pemilihan Walikota dan Walikota Padang Tahun 2018 yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2018 nanti.

Rhoma Andika menyebutkan bahwa pada sesi ini para peserta diberikan pemahaman dasar mengenai Situng, alur Situng cepat, kebutuhan teknis Situng cepat laptop, scanner, driver, akses internet serta browse), Situng entri memasukkan data dari form C dan C1 hingga Situng Pindai memindai form C dan C1, DAA, DA1, DB1 serta DC1.[Media-Center.1]