​KPU Kota Padang Buka Kotak Suara Persiapan Bukti Sangketa Pemilu 2019

KPU Kota Padang Buka Kotak Suara Persiapan Bukti Sangketa Pemilu 2019

PADANG- Rabu (12/6/2019) Komisi Pemilihan Umum Kota Padang (KPU) membuka kotak suara Pilpres 2019 pada Rabu (11/6/2019). Kegiatan ini merupakan bagian dari perintah KPU RI, untuk mengumpulkan alat bukti Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi. Pembukaan kotak ini disaksikan Kepolsian, , Bawaslu , dan saksi Capres nomor 01 dan 02 beserta saksi dari calon DPRRI dan Partai yang mengajukan permohonan sangketa kepada Mahkamah Konsitusi.

Pelaksanaan pembukaan kotak suara yang di saksikan oleh seluruh undangan yang hadir dari pemohon sangketa dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra yang didampingi oleh Komisioner KPU Kota Padang,Sekretaris beserta Kasubag,

“sesuai dengan rapat pleno yang telah dilaksanakan pada hari selasa (11/06/2019) bahwa seluruh dokumen yang telah dikeluarkan dari kotak suara yang dibuka dimasukan kembali kedalam kotak suara masing-masing dan disegel kembali paling lama 7 hari sejak pengambilan dan penyegelan nanti juga harus disaksikan oleh semua pihak yang hadir sekarang”, ucap Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra dalam pelaksanaan pembuka kotak suara untuk persiapan bukti sangketa dalam pemilu 2019 dalam rangka pemenuhan alat bukti sangketa.

Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra Juga menambahkan “Bahwa dalam tiga hari kedepan dokumen yang telah dikeluarkan tersebut akan disusun dan akan dikembalikan kedalam kotak asal dengan pengamanan penyimpanan dalam ruangan terkunci. Untuk saat ini KPU tidak lagi diperkenanakan memberikan dokumen kepada peserta pemilu karena dalam ketentuan dan ada larangan untk KPU melakukan hal tersebut untuk menjaga kepentingan berbagai pihak yang sedang melakukan permohonan sangketa di MK, sedangkan untuk permohonan sangketa sejauh ini KPU Kota Padang telah menerima 3 permohonan sangketa yaitu Pilpres, DPR-RI dan DPRD Kota”.

Ketua Bawaslu Dori Putra yang juga turut hadir menyampaikan tujuan kehadiran bawaslu dalam pembukaan Kotak suara dalam rangka pemenuhan alat bukti sangketa PHPU tahun 2019 adalah untuk memastikan dan mengawasi pembukaan kotak sesuai dengan PKPU dan memastikannya supaya tidak terjadi konflik dan melihat dokumen yang diambil oleh KPU untuk sangketa ini,Ucapnya.

Dalam pembacaan tatacara pembukan kotak suara yang di bacakan oleh Komisioner KPU Kota Padang Azwirman Div.Hukum bahwa” pembukaan kotak suara tersebut yang diambil beberapa dokumen alat bukti bahan penyusunan kronologi jawaban permohonan dan penggandaan diantaranya Model C berhologram, model c1 berhologram, model c2, model c5, model DAA1, model DA, model DA Plano, model DA1, Model DA1 Plano, Model DA2, model DA.DH, model DA.TT Locul terkait dan Model A.DPK seluruh TPS dan nanti akan dilakukan penggandaan alat bukti asli yang sudah di dileges menjadi salinana sebanyak 3 rangkap yang dilakukan sebelum persidangan pendahuluan dimulai.

Setelah pembukaan Kotak suara dalam rangka pemenuhan alat bukti sangketa PHPU nanti akan dituangkan kedalam berita acara dan ditanda tangani oleh KPU dan Bawaslu.[Media-Center.1]