KPU Kota Padang Gelar Bimtek Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2019 untuk PPK Dan PPS Se -Kota Padang

PADANG-Sabtu (30/03/2019) mengingat pemilu yang sudah menghitung hari KPU Kota Padang harus memastikan persiapan-persiapan menjelang hari pemungutan suara terutama penyelenggara yang berada di tingkat kecamatan yang di koordinir oleh PPK dan tingkat kelurahan oleh PPS, persiapan tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2019 untuk PPK dan PPS Se Kota Padang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 8.00 wib di Balai Koperasi Kota Padang di buat menjadi 2 sesi dengan membagi jumlah kecamatan, hal tersebut dilakukan mengingat keterbatasan ruangan yang digunakan yang tidak cukup untuk menampung jumlah PPK dan PPS se Kota Padang.

Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2019 untuk PPK dan PPS Se Kota Padang, di agendakan acaranya oleh KPU Kota Padang selama 2 hari dari tanggal 30-31 Maret 2019.


Dalam acara tersebut pemaparan materi yang dilakukan oleh Komisioner KPU Kota Padang Riki Eka Putra Div. Hukum pada sesi pertama pada pukul 9.00 sampai pukul 12.00 dengan PPK dan PPS dari Kecamatan Koto Tangah, Lubeg. Sedangkan pada sesi ke 2 yang dimulai pada pukul 02.00-17.00 yang memberikan pemaparan materi oleh Komisioner KPU Kota Padang Chandra Eka Putra Div. Teknis dengan Peserta PPK dan PPS dari Kecamatan Kuranji,Luki dan Pauh.

Acara bimtek bersama PPK dan PPS se Kota Padang adalah untuk memberikan informasi-informasi penting seperti Pengumuman tempat dan waktu pemungutan suara tanggal 12 april , penyampaian formulir C.6 14 april, pengembalian formulir C.6 kepada PPS tanggal 16 april, penerimaan logistik TPS dari PPS ke KPPS serta penyiapan PPS tanggal 16 april, penyiapan TPS 16 april, pemungutan suara dan penyampaian hasil penghitungan suara 17 april. Riki Eka Putra”.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Padang Chandra Eka Putra menjelaskan, bimtek dilakukan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap tahapan kegiatan yang dapat diteruskan kepada kawan-kawan PPS dan KPPS.

Hal mendasar yang menjadi bahasan mulai dari pemaparan jadwal kegiatan, persiapan pungra tungra, menyiapkan TPS, menyampaikan formulir undangan (C6), pengenalan surat suara, identifikasi surat suara sah dan tidak sah serta penyampaian dan pengumuman hasil penghitungan suara.

KPU Kota Padang mengharapkan setelah mendapatkan bimtek, diharapkan pelaksanaan Pemilu 2019 di tingkat TPS dapat berjalan lancar.

Termasuk KPPS dapat memahami peraturan sehingga dapat melaksanakan Pemilu dengan penuh tanggung jawab, ketelitian dan keakurasian.[Media-Center.1]