KPU KOTA PADANG LAKUKAN SOSIALISASI BERSAMA PENYANDANG DISABILITAS INDONESIA KOTA PADANG

PADANG-Selasa (15/05/2018) untuk meningkatkan penggunaan hak suara KPU Kota Padang terus giat melakukan sosialisasi. Sosialisasi kali ini dilakukan oleh KPU Kota Padang bersama dengan penyandang disabilitas yang ada di Kota Padang. Sosialisasi bagi disabilitas mengangkat tema yang berjudul “Menyongsong pemilihan Kepala Daerah yang Aksesibel dan Non Diskriminasi” kegiatan ini dilaksanakan KPU Kota Padang bekerjasama dengan DPC Persatuan Pencandang Disabilitas Indonesia Kota Padang (PPDI)

Peserta berasal dari, Perwakilam gerkatin: Gerakan untuk kesejahteraan tunarungu indonesia, Perwakila pertuni: Persatuan tuna netra indonesia, Perwakilan HWDI: Himpunan wanita disabilitas indonesia dan Perwakilan NPC: Nasional Paralympic Commite dan perwakilan SLB. Peserta yang ikut dalam acara sosialisasi yang digelar di Balai Diklat Koperasi Sumatera Barat berjumlah 100 orang peserta disabilitas. Pelaksanaan acara dimulai pada pukul 14.00 wib sampai dengan pukul 17.00 Wib.

Narasumber yang hadir dalam acara sosialisasi bagi disabilitas ini yaitu Komisioner KPU Kota Padang Mahyuddin Div. Logistik, Kasubag Teknis Sutrisno, dan beserta staf, turut hadir sekaligus sebagai narasumber Jhoni Aulia mantan Ketua PPDI Sumbar. Dalam kesempatan tersebut Mahyudin menyampaikan kepada para peserta sosialisasi bagaimana tatacara memilih dan tatacara kampanye dan pentingnya menggunakan hak suara dalam pemilihan kepala daerah maupun presiden.

Mahyudin juga menjelaskan kepada penyandang disabilitas “ syarat-syarat menjadi pemilih harus sudah 17 tahun dan terdaftar sebagai warga negara Indonesia mekanisme pemilu merupakan suatu hasil menguatkan semangat demokrasi kita di Kota Padang khususnya. Pemilu merupakan penyampaian keinginan Keinginan kita sebagai warga kota Padang. persiapan untuk kepandaian kita dalam menentukan pilihan agar nanti yang kita pilih itu ada perhatiannya kepada kita satu tujuan kita memilih kemudian memilih pemimpin itu adalah pemerataan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian serta terciptanya kedamaian keamanan merupakan tujuan utama kita memilih Walikota dan Wakil Walikota”.Para peserta yang merupakan penyandang disabilitas juga diberikan pengetahuan tentang tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada Padang bahwa tahapan sudah dimulai dari bulan Agustus 2017 serta penyusunan perencanaan program jadwal tentang Pilkada ini dan kita juga telah dalam tahapan ini menyusun anggaran anggaran ini kita perbincangkan dengan pihak terkait dengan Pemko Kota Padang dan dengan juga DPRD .

Para penyandang disabilitas juga berharap kepada KPU Kota Padang pada saat pemilihan nanti mereka mendapat fasilitas untuk memilih dan juga berharap ikut serta dalam menggunakan hak pilih mereka. [Media-Center.1]