“KPU Kota Padang Sosialisasikan pendidikan Pemilih Pemilu Serentak 2019 Bagi Penyandang Disabilitas”

PADANG-KPU Kota Padang mengadakan kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih Pemilu serentak 2019 bagi penyandang disabilitas. Pada hari minggu (10/03/2019) kegiatan oleh KPU Kota Padang di kecamatan Nanggalo Kota Padang di tempat Di kantor pusatsekretariat PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) Kota Padang.

Dalam sosialisasi yang dimulai pada pukul 10.00 wib tersebut, KPU Menghadirkan narasumber komisioner KPU Kota Padang Chandra Eka putra divisi teknis dan Icun Suhaldi S.Pd ketua PPDI Kota Padang yang dimoderatori oleh Yunes Prawira Kasubag Hukum KPU Kota Padang.

Materi yang ditampilkan oleh narasumber antara lain terkait tata cara pemberian suara di TPS, jenis surat suara, pendamping pemilih bagi disabilitas, pengenalan template surat suara, serta TPS akses.

Chandra Eka Putra Menyampaikan kepada peserta yang hadir sebanyak 41 orang penyandang disabilitas bahwa “Aksesibilitas merupakan salah satu azas penyelenggara pemilu yang bermakna bahwa penyelenggara pemilu bersikap dan bertindak : (1)menyampaikan informasi pemilu kepada penyandang disabilitas sesuai kebutuhan (2)memastikan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung bagi penyandang disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya (3)memastikan penyandang disabilitas yang memenuhi syarat mempunyai kesempatan yang sama sebagai pemilih”.

Untuk penyandang disabilitas dalam melakukan pencoblosan pada pemilu serentak nanti yang diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 dapat dibantu oleh pendamping. Pendamping dapat berasal dari anggota KPPS atau orang lain atas permintaan Pemilih yang bersangkutan. dapat menggunakan alat bantu tunanetra yang disediakan.Surat Suara Presiden dan WakilPresiden, Surat Suara DPR, Surat Suara DPD, Surat Suara DPRD Provinsi dan Surat Suara DPRD Kab/Kota,tambah Chandra”.

Icun Suhaldi yang hadir sebagai narasumber mengajak seluruh penyandang disabilitas Kota Padang untuk ikut berperan aktif untuk menggunakan hak pilih mereka, “Kita harus proaktif dalam penjelasan disaat memilih. Ini yg kita dorong pemilu juga merupakan akses bagi kita dengan terbentuknya organisasi yang bergerak untuk hak politik bagi disabilitas. Kita semua punya kewajiban untuk memilih. Semua Penyandang Disabilitas Punya Hak Yang sama sebagai pemilih. Mari kita bersama-sama mendukung pemililu serentak 2019, dan pastikan tempat kita memilih memberikan Askes bagi kita para penyandang disabilitas dan juga pastikan kita terdaftar.ucapnya.”[Media-Center.1]