KPU KOTA PADANG TETAPKAN DPT PEMILU TAHUN 2019 SEBANYAK 550.736 DAN TEMUKAN PEMILIH GANDA

KPU KOTA PADANG-Kamis (13/09/2018) Komisi Pemilihan Umum Kota Padang gelar Rapat pleno Rekapitulasi Pencermatan Terkait Hasil Perbaikan DPT (Daftar Pemilih Tetap) dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

Dalam rapat yang digelar pada pukul 14.00 dihadiri oleh Panwaslu, Dandim, Disdukcapil, Kesbangpol Kapolres Kota Padang, Kejaksaan Negeri Padang, PPK per-Kecamatan dan Perwakilan dari Partai Politik .

Rapat yang dipimpin lansung oleh Ketua KPU Kota Padang M. Sawati dalam kesempatan tersebut beliau meyampaikan tujuan dari pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Pencermatan hasil DPT (Daftar Pemilih Tetap) adalah untuk menyampaikan kepada seluruh pihak bahwa adanya perubahan dalam penetapan DPT sebelumnya karena ditemukan pemilih ganda.

Komisioner Kpu Kota Padang Divisi Program dan Data Yusrin Trinanda menyebutkan dalam rapat pleno bahwa ditemukannya pemilih ganda dan pemilih yang telah meninggal oleh karena itu akan dilakukan penghapusan secara bersama data pemilih ganda dan pemilih yang telah meninggal secara bersama. Data awal dan proses penghapusan data yang tidak memenuhi syarat Total DPT awal berjumlah 551.817 dan jumlah pemilih akhir hasil perbaikan DPT berjumlah 550.736

Dari hasil ditemuan oleh KPU Kota Padang diharapkan dari data DPT sekarang untuk menjadi arahan bagi partai politik dan menyerahkan hasil perbaikan kepada parpol. Sedangkan untuk proses byname address KPU Kota Padang masih menunggu instruksi dari KPU RI.

M. Sawati juga menyebutkan alasan terjadinya data ganda karena beberapa faktor ketika nama sama alamat beda, instument datanama sama alamat beda dan kita diberikan akses oleh disdukcapil untuk mengecek dan setelah dicek naiknya sama dan hal tersebut ditemukanlah data sama termasuk ganda. Setelah penemuan pemilih ganda ini berharap upaya dalam kecurangan dalam pemilu tahun 2019 akan semakin kecil.

Disdukcapil dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pada bulan Desember nanti semua E-KTP telah selesai untuk pemilihan pemula dan akan ada penambahan dalam pemilihan pada pemilu tahun 2019 mendatang.

Setelah disahkan oleh ketua KPU kota Padang secara bersama hasil DPT maka dilaksanakan penandatanganan berita acara dan ketok palu acara Rapat Pleno Rekapitulasi Pencermatan Terkait Hasil Perbaikan DPT (Daftar Pemilih Tetap) Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 telah resmi menetapkan DPT sebanyak 550.736 dan ditutup oleh ketua KPU Kota Padang M. Sawati. [Media-Center.1]