​KPU Kota Padang Tetapkan DPT Untuk Pemilu Tahun 2019

PADANG-Berdasarkan surat edaran dari KPU RI Tanggal 20 September 2018 perihal perbaikan DPTHP-1 atas rekomendasi Bawaslu dan masukan dari partai politik peserta pemiliu tahun 2019 maka pada hari Selasa (13/11/2018) KPU Kota Padang melakukan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Rocky dengan mengundang seluruh perwakilan dari Partai Politik yang ikut serta dalam pemilu tahun 2019 serta turut mengundang jarajan dari Perwakilan Walikota Padang, Bawaslu, Kesbangpol, Kapolresta, Disdukcapil, Dandim 012, Kejaksaan Negeri Padang, dan PPK dari tingkat Kecamatan Kota Padang.

Acara yang dimulai dari pukul 10.00 wib dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota PadangM.Sawati, menjelang penetapan DPT, Komisioner KPU Kota Padang Yusrin Trinanda Div. Program dan Data meminta kepada setiap perwakilan dari PPK tingkat kecamatan untuk membacakan hasil dari perhitungan dilapangan selama dilakukannya masa perbaikan. Setiap perwakilan membacakan secara detail hasil perbaikan, maka dari penjumlahan setiap kecamatan maka ditemukan angka pemilih tetap yang telah terdaftar 583,195 Pemilih.

Dari hasil rekapitulasi hasil perbaikan DPTHP-2 yang telah dilakukan maka dengan jumlah pemilih baru sebanyak 34.176 dan juga ditemukan pemilih yang tidak memnuhi syarat sebnyak 1.717 sedangkan perbaikan data pemilih sebanyak 2.857 tersebar di 11 kecamatan dikota padang dengan 104 kelurahan dengan banyak TPS 2440.

Setelah pembacaan hasil perbaikan dari setiap PKK dari tiingkat kecamatan Yusrin Trinanda meminta kepada seluruh undangan yang hadir untuk memberikan tanggapannya.

Dari partai politik hanya meminta kepada KPU Kota Padang supaya untuk segera melakukan sosialisasi terkait surat suara beserta warna surat suara yang akan digunakan nanti pada pemilihan kepada masyarakat dan mengenalkan calon peserta pemilu kepada masyarakat. Sedangakn dari Disdukcapil menyampaikan akan terus melakukan perekaman sampai hari pemilu nanti dan menjelang pilpres nanti seluruh masyarakat yang wajib memilih telah terdaftar. Yusri Trinanda juga memaparkan bahwa dengan telah dilakukanya perbaikan dari DPTHP-1 maka akan ada penambahan TPS dalam pemilu nanti karena adanya penambahanangka pemilih.

Acara penetapan berahir pada pukul 15.30 wib dengan di tetapkan secara bersama dengan dilakukannya penanda tanganan berita acara oleh seluruh komisioner dan dilkukannya penyerahan kepada seluruh peserta pemilu tahun 2019 dari partai politik dan para undangan yang hadir.[Media-Center.1]