KPU Kota Padang Umumkan DPTb Tahap Pertama Tingkat Kota Padang

PADANG-Senin(18/02/2019) berada di Hotel Kyrad Bumi Minang komisi pemilihan umum (KPU) kota Padang melakukan kegiatan Rapat Pleno Terbuka Penyusunan dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tahap Pertama Tingkat Kota Padang Dalam Pemilihan Umum 2019.

Rapat penyusunan dan rekapitulasi untuk daftar pemilih tahap pertama tersebut dilaksanakan berdasarkan pasal 36,37,38, dan 39 peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 tentang penyusunan pemilih dalam negeri dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum dan surat edaran yang telah diturunkan oleh Ketua KPU RI Nomor 244/PL.2.1.SD/01/KPU/II/2019 tanggal 11 februari 2019 perihal rekapitulasi dan daftar penetapan pemilih tambahan (DPTb), hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris KPU Kota Padang Lucky darma Yuli sebagai ketua pelaksana membuka acara pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan sebelum masuk kedalam acara penyampaian hasil repitulasi.

Acara yang dimulai pada pukul 9.00 Wib di hadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Padang dan PPK Perkecamatan, serta turut mengundang perwakilan dari Parpol, Disdukcapil, kejaksaan Tinggi Negeri Padang, Bawaslu, Polresta, Kesbangpol, DPRD,dan Dandim.

Ketua KPU Kota Padang M.sawati membuka acara dan menyampaikan kata sambuatan “ bahwa penyusunan dan rekapitulasi terhadap pemilih tambahan ini penyampaian kepada publik tentang perkembangan DPT kita saat ini dan kita terus melakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan pindah memilih bagi pemilih yang ingin menyalurkan hak pilihnya di wilayah Kota padang. Kemudian dilanjutkan oleh Riki Eka putra Divisi Hukum yang membacakan tata tertib pelaksanaan rapat pleno.

Setelah pembacaan tata tertib rapat pleno oleh Riki Eka Putra Divisi Hukum , Yusrin Trinanda Divisi Program dan Data meminta PPK dari setiap Kecamatan untuk membacakan hasil rekapitulasi, Padang Selatan mendapat giliran pertama untuk dapat menyampaikan laporan dptb Meminta untuk membacakan hasil dptb tambahan yang ada di setiap kecamatan kepada setiap PPK per kecamatan.

Berdasarkan Dari hasil rekapitulasi masing-masing PPK ditemukan DPTb yang masuk dalam pemilihan umum 2019 dengan jumlah sebanyak 919 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki 454 dan pemilih perempuan 465 yang tersebar 70 kelurahan dan 187 TPS. Sedangkan untuk pemilih keluarmencapai 1.179 pemilihdengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 808pemilih perempuan 371 tersebar di 759 TPS.

Dari hasil yang diperoleh oleh KPU Kota Padang saat ini, angka DPTb di Kota padang akan terus bertambah sampai tanggal 17 maret 2019 dan KPU akan terus membuka layanan untuk pemilih yang ingin menggunakan hak pilihnya di Wilayah padang. Dari Kebanyakan yang mengurus Pindah memilih adalah mahasiswa dan orang yang bekerja di Kota Padang, Yusrin Trinanda’.

Dalam kesempatan tersebut Perwakilan dari Disdukcapil juga menyampaikan Kepada KPU dan seluruh undangan yang hadir bahwa untuk perekeman KTP-E sudah bisa dilakukan dan Disdukcapil akan terus melayani perekaman sampai tanggal 17 April 2019 dan supaya KPU juga turut memberikan informasi ini kepada para pemilih pemula maupun kepada masyarakat yang belum memiliki KTP-E supaya melakukan perekaman ke Kantor Kecamatan berdomisili. Demi mensukseskan pemilu serentak 2019 Disdukcapil akan siap melayani masyarakat .

Setelah pembacaan hasil DPTb KPU Kota Padang menutup acara dengan melakukan penandatangan berita acara oleh Komisioner dan selalanjutnya memberikan berita acara tersebut kepada seluruh perwakilan dari Parpol, Bawaslu, Disdukcapil, Polresta, Kejaksaaan, Kesbangpol dan para undangan lainnya[Media-Center.1]