​OPERATOR SITUNG KPU KOTA PADANG

KPU KOTA PADANG-Kamis (7/06/2018) Simulasi pengunaan Sistem Informasi Penghitungan (SITUNG) dalam Pemilihan Serentak 2018.

Kegiatan yang digelar di RPP (Rumah Pintar Pemilu) Kantor KPU Kota Padang ini ditujukan untuk membahas, mempelajari, dan mempratekkan secara langsung penggunaan Aplikasi Situng untuk Pilkada 2018. Bimtek Situng iniu dalam rangka persiapan untuk Pilkada 2018 terdiri beberapa jenis yakni Situng Pindai, Situng Rekap, Situng Aggreator, Situng Web serta Situng Entri.
Penggunaaan aplikasi situng ini digunakan pada saat hari pemungutan suara dan saat rekapitulasi.

Dalam pelaksanaan bimtek ini Kasubag Teknis KPU Kota Padang Sutrisno Menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi situng semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua operator khususnya dalam mengetahui cara mengoperasikan aplikasi situng yang menjadi tahapan penting dalam proses penghitungan suara dan rekapitulasi penghitungan suara.
Aplikasi Situng Pilkada 2018 ini sangat berguna untuk mewujudkan transparasi informasi hasil penghitungan suara kepada publik secara menyeluruh.

Situng sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk memastikan transparansi penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) ataupun pilkada sehingga dapat dijalankan dengan baik. Selain itu situng juga mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawal hasil pilkada kepada masyarakat.Fungsi dari situng menampilkan hasil pemungutan suara mulai tingkat tempat pemungutan suara (TPS) hingga ke tingkat pusat. Oleh karena itu operator situng diminta untuk memahami tugas pokok serta fungsinya (tupoksi) tersebut.

Yang perlu dipedomani dalam penggunaan aplikasi Situng adalah tepat jenis, tepat jumlah dan tepat waktu. Ada tiga jenis penggunaan aplikasi Situng antara lain sebagai alat pindai scan form C1 (TPS), DAA (Kelurahan/Desa), DA1 (Kecamatan), DB1 (Kabupaten), dan DC1 (Provinsi) untuk Pilgub. Situng juga sebagai entry data form C1, terakhir sebagai penggunaan Aplikasi Excel Form DAA, DA1, DB1, dan DC1.[Media-Center.1]

#TARGET24JAM
#PASCAPEGHITUNGANDITPS
#HASILPEMILIHANSUDAHKETAHUI