PADANG COUNCIL STUDENT LEADERSHIP: KONTRIBUSI PELAJAR UNTUK KEJAYAAN KOTA PADANG

PADANG-Kamis (07/06/2018) KPU Kota Padang melakukan sosialisasi terkait Pilwako Kota Padang dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Tahun 2018. Dalam sosialisasi ini KPU Kota Padang melakukan kerjasama dengan Forum OSIS Kota Padang yang semua panitia termasuk peserta terdiri dari pemilih pemula yang akan meramaikan pemilu pada 27 Juni mendatang.

Acara sosialisasi yang digelar Forum OSIS Kota Padang bersama KPU Kota Padang ini dilaksanakan di Gedung Koperasi Kota Padang yang dimulai dari pukul 9.00 Wib yang diikuti sebanyak 140 peserta dan 25 orang panitia semuanya termasuk dalam kategori pemilih pemula di Kota Padang. Bertindak sebagai narasumber sosialisasi tersebut, dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat Gebril Deulai, Komisioner KPU Kota Padang yusrin Trinanda Divisi. Program dan Data, Mahyudin Divisi Keuangan dan Logistik dan Kasubag Teknis Rino Sutrisno beserta Staf. KPU Kota Padang juga menghadirkan Dosen dari Universitas Andalas Hari Efendi.

KPU Kota Padang mengangkat tema “Peran Muda-Mudi Dalam Membangun Kota Padang Dengan Menggunakan Hak Pilih Pada Pemilihan Walikota Padang Tahun 2018. Sosialisasi tersebut ditujukan untuk memberikan pembelajaran sistem Pemilu secara demokrasi kepada seluruh warga sekolah serta meningkatkan peran serta pemilih pemula. Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat Gebril Deulai memberikan pemahaman serta pembelajaran tentang peran pemilih pemula dalam menentukan kesuksesan pemilu. Gebril juga menyampaikan kepada peserta tentang arti pemilu, “apakah pemilu itu penting jawabnya adalah sangat penting sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat, sarana memilih pemimpin secara konstitusional, dan legitimasi kekuasaan”.

Komisioner Kota Padang Yusrin Trinanda juga menyampaikan kepada seluruh peserta yang semua terdiri dari pemilih pemula bahwa syarat untuk menjadi pemilih adalahpemilihadalahWarga Negara Indonesia , berusia 17 Tahun, sudahmenikahataupernahmenikah, terdaftarsebagaipemilih, bukananggota TNI/PolriatauSudahpurnawirawan. Kita akan memasuki PemilihanTahun 2018 dan Pemilu 2019 kalau di tahun 2018 kita ada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota sedangkan di tahun 2019 pemilihanAnggota DPR, DPD, DPRD dan Presiden dan Wakil Presiden.Dosen Universitas Andalas Hari Effendi yang bertindak sebagai Narasumber juga memberikan motivasi serta berbagi pengalaman bersama para peserta dan memberikan penjelasan bagi pemilih pemula untuk ikut andil dalam pemilihan serta tidak mensia-siakan kesempatan yang ada dalam menentukan masa depan Kota Padang secara bersama mengingat pemilih pemula merupakan kunci kesuksesan sebuah pemilu.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut Kasubag Teknis KPU Kota Padang Rino Sutrisno Juga mengadakan pembukaan pendaftaran Kelas Pemilu untuk pemilih pemula. Kelas tersebut nantinya akan diadakan dikantor KPU Kota Padang yang bertujuan untuk memberikan pendidikan pemilih bagi pemilih pemula yang ada di Kota Padang.

Acara sosialisasi KPU Kota Padang dengan From OSIS Kota Padang selesai pada pukul 17.40 Wib yang dilanjutkan dengan acara berbuka bersama. KPU Kota Padang berharap setelah acara sosialisasi ini semua jajaran OSIS dapat menjadi pelopor untuk menyebarluaskan informasi yang telah didapatkan pada hari ini dan ikut menjadi pemilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang 27 Juni nanti.[Media-Center.1]