​Pemilih Pemula Menentukan Masa Depan Bangsa

PADANG-berada di SMKN 2 Padang Sabtu (16/02/2019) KPU kota Padang bersama Relasi Basis Pemula Melaksanakan kegiatan pendidikan pemilih kepada para siswa-siswi yang sudah berusia 17 yang sudah masuk dalam kategori pemilih pemula.

Acara yang di rancang oleh para relasi dari basis pemula tersebut juga mengundang Komisioner KPU Kota Padang Mahyudin Divisi Teknis dan Hupmas bersama Sutrisno Kasubag Teknis yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Tohir yang bertindak sebagai ketua pelaksana kegiatan yang dirancang relasi basis pemula ini memberikan kata sambutan dalam acara yang bertajuk pemilih pemula menentukan masa depan bangsa.

Mahyudin menjelaskan didepan para peserta yang hadir sebanyak 200 orang tersebut bahwa “yang dimaksud pemilu adalah wadah atau sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat di pemilu 2019 kita berdaulat menentukan bersikap memutuskan untuk memilih pemimpin nansional baik eksekutif dan legislatif mulai dari tingkat kota, provinsi, pusat sampai dengan DPD, DPRD Provinsi dan DPD RI bersama dengan Pilpres yang dilakukan serentak yang sekarang disatukan dalam pemilihan umum 17 April 2019.Itulah pengertian pemilu yang sesuai dengan dasar negara kita Pancasila dan UUD 1945.

Tujuan akhir dari pemilu adalah untuk kesejahteraan,untuk upaya adanya ketertiban keamanan, supaya negara kita ini punya keteraturan Negara bisa aman tergantung dengan pemimpin yang kita pilih dan yang menentukan pilihan adalah rakyat tanggal 17 April nanti adik-adik yang berstatus sebagai pemilih pemula ini adalah penentu dalam pemilu jadi gunakan lah hak pilih untuk mensukseskan pemilu serta berperan dalam menentukan nasib bangsa kedepannya, tambah Mahyudin.”

Dalam kesempatan tersebut KPU kota Padang juga membagi bagikan hadiah kepada siswa-siswi yang bisa menjawab pertanyaan pertanyaan yang berkaitan dengan pemilihan umum

Siswa siswi SMKN 2 Padang yang hadir mengikuti kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih pemula dengan sangat antusias.

Sutrisno yang juga bertindak sebagai narasumber meminta para siswa-siswi yang 17 tahun untuk segera membuat KTP elektronik yang telah disediakan disetiap Kecamatan di Kota Padang. Dengan adanya KTP elektronik semua yang sudah masuk 17 tahun sudah bisa menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April nanti. Sedangkan untuk Syarat menjadi pemilih ada 4. pertama sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah , kedua sudah punya KTP-e . ketiga warga Indonesia. Keempat Harus terdaftar sebagai daftar pemilih. Bagi Adek 2 yang tidak terdaftar tapi sudah punya KTP segera melapor ke kantor kelurahan. Sutrisno”.

Mahyudin memberikan pengetahuan tentang pembagian Dapil di Kota Padang,untuk bisa memilih sesuai tempat domisili kita juga harus mengenali daerah pilihan kita seperti pembagian dapil dan pembagian kursinya yang ada di DPRD yang ada di Kota Padang.

Dapil 1 Koto Tangah dengan 10 kursi, Dapil 2 Kuranji dan Pauh 10 kursi, Dapil 3 lubeg,Luki dan Bungus 10 Kursi, Dapil 4 Padang Selatan 7 Kursi dan Dapil 5 Padang Utara dan Nanggalo dengan 8 kursi. Untuk Warga yang berdomisili di Kota Padang akan mendapatkan 5 surat suara nantinya sedangkan untuk masyarakat yang melakukan pindah memilih akan mendapatkan surar=t suara sesuai kategori pindah nya, Ada yang bisa satu ada yang bisa duaItu dkarenakan pindah memilih.

Tidak lupa KPU kota Padang juga memberikan penjelasan dan teknis tata cara pencoblosan yang benar.

Acara ditutup oleh relasi basis pemula dengan memberikan piagam kepada kepala sekolah SMK negeri 2 padang. Relasi mengajak para pemilih pemula supaya menggunakan hak suara karena suara para pemilih pemula merupakan pemilih yg akan menentukan masa depan bangsa.

Acara yang dimulai dari pukul 10.30 wib tersebut berakhir pada pukul 12.00 Wib.

Kepala sekolah SMKN negeri 2 Padang Ibuk dra. Siti zizi Fauziah mengucapkan terima kasih kepada seluruh relasi demokrasi dan KPU Kota Padang yang telah mengadakan sosialisasi di SMKN 2 padang. Bahwa sosialisasi ini telah membentuk karakter dalam siswa siswi yang disini umumnya para pemilih pemula dengan adanya sosialisasi ini sudah bisa menentukan pilihan mereka dalam pemililu serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019, Supaya kedepannya dalam penyelenggaraan pemilu para siswa siswi juga bisa menjadi penyelenggara pemilu dan menjadi motivasi bagi mereka Kedepannya untuk masa depan bangsa dan kami dari SMKN 2 Padang mengucapkan terimakasih Mari bersama sukseskan pemilu serentak 2019.[Madia-Center.1]