PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN KPPS DALAM RANGKA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA PADANG TAHUN 2018

PADANG-Jum’at (01/06/2018) berada pada lokasi yang berbeda setiap ketua PPS dari setiap kelurahan di Kota Padang hari ini lakukan pengambilan sumpah dan pelantikan terhadap anggota KPPS.

Dalam kegiatan tersebut KPU Kota Padang membagi jadwal untuk memonitoring ke setiap kelurahan yang melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan anggota KPPS. Dalam agenda pelantikan hadir Komisioner KPU Kota Padang, Ketua PPK, Sekretarisdan Ketua PPS. Pengambilan sumpah dan pelantikan KPPS tidak dapat dihadiri seluruhnya oleh Komisioner KPU kota Padang karena berkaitan dengan waktu yang sama dengan kelurahan lain yang juga sedang melakukan pelantikan. Salah satu kegiatan pelantikan yang dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Padang, Ketua KPU Kota Padang M.Sawati yang menghadiri 4 kelurahan hari ini yaitu Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara yang melantik 140 orang anggota KPPS, Kelurahan Ulak Karang Utara Kecamatan Padang Utara dengan melantik sebanyak 70 orang anggota KPPS, Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat dengan melantik 112 anggota KPPS dan Kelurahan Rimbo Kaluang Kecamatan Padang Barat dengan melantik sebanyak 63 orang anggota KPPS.

Ketua KPU Kota Padang M.Sawati juga memberikan sambutan dan berharap semua anggota KPPS yang dilantik hari ini untuk bekerja semaksimal mungkin karena KPPS adalah ujung tombak dari pelaksanaan Pilwako Padang 2018.M.Sawati juga mengharapkan agar seluruh anggota KPPS dapat bekerja dengan niat ibadah dan sesuai petunjuk teknis dan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Komisioner KPU Kota Padang Chandra Eka Putra Divisi Teknis, Mahyudin Divisi Keuangan dan Logistik, Yusrin TrinandaDivisi Perencanaan dan Data dan Riki Eka Putra Divisi Hukum juga turun lansung kelapangan untuk memonitoring jalannya pengambilan sumpah dan pelantikan anggota KPPS pada kelurahan dan kecamatan yang berbeda. Dalam kegiatan monitoring tersebut komisioner memberikan sambutan dan arahan terhadap anggota KPPS.

Setelah pelantikan anggota KPPS setiap kelurahan akan dilakukan pembagian buku panduan yang sebelumnya telah dibagikan oleh KPU Kota Padang kepada PPK dan juga melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang di pandu oleh setiap Ketua PPS dan didampingi oleh anggota PPK Kecamatan dan PPL kelurahan.nantinya dalam bimtek tersebut juga dilakukan simulasi pengisian C1/Berita Acara Penghitungan Suara di TP. Bimtek juga akan memberikan kesempatan kepada anggota KPPS untuk menyampaikan pertanyaan terhadap hal-hal yang belum jelas, untuk selanjutnya akan ditanggapi oleh PPK, PPS maupun Panwascamdan PPL.[Media-Center.1]