SUKSES LAKSANAKAN DEBAT PUBLIK PUTARAN KETIGA KPU KOTA PADANG SIAP LAKSANAKAN PEMUNGUTAN SUARA RABU 27 JUNI


PADANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang kembali menggelar Debat Publik putaran ke tiga bagi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Tahun 2018 yang akan bertarung pada Pilkada Rabu 27 Juni Minggu depan.

Debat publik putaran ketiga ini dilaksanakan pada Kamis (21/06/2018), acara dimulai pada pukul 20.00 Wib. Debat kali ini di Moderatori olehRobi Leo Kabag Komunikasi dan Sosialisasi KPU RI dan dengan orang tim panelis, yakni Sufyarma Rasidin, Afrizal, Raudha Thaib, Ikwan Matondang dan Nurus Shalihin Djamra, yang berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda. Debat kali ini mengusung tema “Menghadirkan Pemerintah Dalam Pembangunan Sosial dan Budaya Menuju Padang yang Madani dan Lestari.

Untuk acara Debat yang dilaksanakan di Hotel Grand Inna Muara KPU Kota Padang telah melakukan kerjasama dengan pihak Kapolresta Padang dan mendapat pengamanan yang cukup ketat dari pihak Kepolisian untuk mengamankan acara debat publik putaran ketiga ini sehingga acara berjalan dengan lancar dan aman.

Pada debat kali ini terdapat lima sesi dalam acara yang berlangsung dalam Sesi 1 yaitu pemaparan visi, misi dan program kerja dari masing -masing pasangan calon dengan durasi masing-masing 4 menit untuk setiap pasangan calon. Sesi 2 yaitu setiap pasangan calon diharuskan menjawab pertanyaan dari panelis

Sesi 3 yaitu setiap pasangan calon diharuskan dengan pertanyaan sebagai berikut, Berdasarkan pada tema, kenyataan saat ini bahwa penduduk Kota Padang dari berbagai etnis, suku dan agama Sesi ke 4 setiap pasangan calon dipersilahkan untuk bertanya kepada lawannya. Dengan mekanisme pertanyaan 1 menit, menjawab 2 menit, menanggapi 1 menit, menyempurnakan 1 menit. Sesi 5 merupakan closing statement dari setiap Pasangan Calon. Closing Statement Paslon no urut 1 yaitu Pemerintah adalah sebuah organisasi.

Setelah pelaksanaan debat publik yang merupakan rangkaian terahir yang diselenggarakan KPU sebelum minggu tenang. Setelah acara debat ini yaitu pada tanggal 22 & 23 Juni 2018 kedua pasangan calon dipersilahkan untuk memanfaatkan waktu kampanye terahir. Kemudian tangal 24 – 26 Juni 2018 merupakan minggu tenang dan pada tanggal 27 Juni akan diselenggarakan pemungutan suara.[Media-Center.1]