Berita KPU Padang

11-Oct-2017 : akatrust

​Baru Dua Parpol Di Padang Yang Selesai Input Syarat Keanggotaan Ke Sipol

image kpu

PADANG - Baru Dua Partai Politik Di Tingkat Kota Padang, Yang Telah Selesai Menginput Jumlah Minimal Keanggotaan Partai Sebanyak 1.000 Orang Atau 1/1000 Jumlah Penduduk Di Tingkat Kabupaten/kota Ke Sistem Informasi Pemilu (Sipol). Untuk Kota Padang, Setiap Partai Politik Mesti Memiliki 883 Orang Anggota (merujuk DAK2 Per 31 Juli 2017-red) Yang Datanya Wajib Diunggah Ke Sipol.

“Sepertinya, Pengurus Partai Politik Tingkat Padang, Masih Melakukan Proses Penginputan Data. Data Sipol 4 Oktober 2017 Per Pukul 16.00 WIB, Baru Dua Partai Yang Mencukupi Data Mininmal 883 Orang Itu,” Ungkap Koordinator Divisi Hukum KPU Padang, Riki Eka Putra, Kamis (5/10/2017) Tanpa Menyebutkan Kedua Partai Tersebut.

Partai Lainnya, Terang Riki, Datanya Masih Dalam Proses Penginputan. “Kita Lihat Di Sipol, Ada Yang Masih Di Bawah 100 Dan Ada Juga Yang Sudah Di Atas 100 Anggota,” Terang Riki.

Riki Berharap, Pengurus Partai Politik Di Kota Padang, Dapat Segera Datang Ke KPU Untuk Mengonsultasikan Proses Pendaftaran Ini.

“Ketika Sosialisai Hari Minggu Kemarin, Kita Telah Mengimbau Kepada Partai Untuk Tidak Datang Pada Hari Terakhir Pendaftaran. Tujuannya, Untuk Mengantisipasi Kekurangan Atau Kesalahan,” Terangnya.

“Pada Proses Penyerahan Persyaratan Pendafataran Ini, Pengurus Partai Tidak Diwajibkan Hadir. Cukup Hanya Dengan Petugas Penghubung Dua Orang Yang Telah Di SK-kan Oleh Pimpinan Partai Politik,” Tambahnya.

Dihari Ketiga Jadwal Penerimaan Dokumen Persyaratan Dan Pendaftaran Partai Politik Tingkat Kota Padang, Calon Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Masih Terpantau Belum Ada Pengurus Atau Anggota Partai Politik Yang Datang Untuk Mendaftar. Pendaftaran Ini Telah Dimulai Sejak Selasa (3/10/2017) Dan Berakhir 16 Oktober 2017, Pukul 24.00 WIB.

Setelah Pendaftaran Ini Selesai Pada 16 Oktober 2017, KPU Padang Akan Melakukan Penelitian Administrasi Selama 30 Hari, Kemudian Verifikasi Faktual Selama 21 Hari Dimulai Dari 15 Desember 2017 Sampai 4 Januari 2018.

“Untuk Verifikasi Faktual, Nanti Kita Akan Melakukan Metode Sensus, Nanti Kita Akan Melaksanakan Sample Acak Sederhana. Untuk Kota Padang Ini, Kan Syarat Minimal Pengurus Partai Itukan Harus 883 Orang, Maka Nanti Kita Akan Melakukan Sensus Sample Acak Sederhana Terhadap 10 Persen Dari 883 Orang Tersebut,” Jelas Riki.

Dalam Proses Ini, Tegas Riki, Pada Prinsipnya KPU Kabuapten/kota Membantu KPU RI Dalam Menerima Berkas Pendaftaran. KPU Kabupaten/kota Hanya Menerima Berkas Salinan Bukti Keanggotan Dan Alamat Anggota Dalam Bentuk Hardcopy, Sementara Softcopy Diupload Ke Sipol. [Media Center KPU Kota Padang]



Berita Terkait

berita kpu padang

Pengumuman Penetapan Nama PPDP Kota Padang

berita kpu padang

Pemilihan di Tengah Pandemi, KPU Kota Padang siapkan Sosialisasi Virtual

berita kpu padang

​Pastikan Pemutakhiran Data Pemilih Cepat dan Rapat, KPU Kota Padang Bimtek PPK

berita kpu padang

KPU Kota Padang Paparkan Mekanisme Verifikasi Faktual pada LO dan Bawaslu