Berita KPU Padang

04-July-2020 : kpupadangkota

​Pastikan Pemutakhiran Data Pemilih Cepat dan Rapat, KPU Kota Padang Bimtek PPK

image kpu

PADANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data Pemilih untuk tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada hari Sabtu (2/07/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Kota Padang dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, Bimtek dimulai pukul 9.00 wib dihadiri oleh Sekretaris KPU Kota Padang Lucky Dharma Yuli, Arianto Divisi Prodata, Atika Triana Divisi Parmas dan Rika Yanita Susanti Kasubag Prodatadiikuti sebanyak 22 orang peserta yang terdiri dari ketua, anggota PPK di 11 kecamatan .

Dalam sambutannya Riki Eka Putra mengajak PPK untuk memperbaiki monitoring yang bukan hanya untuk sosialisasi, Kegiatan Monitoring dan evaluasi kita harus berbasis data tidak hanya berbasis soslialisasi saja. model dan praktek bisa diterapkan pemeriksaan berkas agar mempertajam dalam pengawasan dijajaran kita ditingkat kelurahan dan PPDP yang saat ini sudah mulai kita terapkan dalam verifikasi faktual yang sedang berlangsung. Sedangkan tujuannya bimtek ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang teknis serta menjelaskan tentang tahapan pemutakhiran data pemilih, berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan memahami setiap materi yang disampaikan oleh narasumber,, tambah riki.

Materi Bimtek disampaikan oleh Komisioner KPU Divisi Prodata Arianto, Atika Triana Divisi Parmas dan Kasubag Program Rika Yanita.

Arianto yang hadir sebagai narasumber mengatakan bahwa mekanisme pembentukan PPDP serta mekanisme kerja yang akan dilakukan PPDP mulai dari Kegiatan untuk memperbaharui data pemilih berdasarkan DPT dari pemilu atau pemilihan terakhir yang di mutakhirkan oleh KPU dibantu oleh PPK,PPS dan PPDP dengan mempertimbangan DP4 dan dilakukan Coklit (pencocokan dan penelitian). Kegiatan yang dilakukan PPDP dalam pemutakhiran dan pemilih dengan bertemu pemilih secara langsung dan berdasarkan perbaikan dari RT/RW atau nama lain dan tambahan lain. Sedangkan untuk kategori pemilih yaitu penduduk yang berusia paling rendah 17 tahun atau sudah/pernah kawin yang terdaftar dalam pemilihan.


Dalam Pemutakhiran data pemilih ada hal-hal penting yang harus diperhatikan nantinya yaitu mulai dari pemilih, syarat memilih, pemetaan tps, status perekaman KTP-EL, Bimtek PPS kepada PPDP, Pada saat PPDP melakukan kegiatan Coklit ada beberapa kategi pemilih yang dimasukan dalam Disabilitas yaitu penyandang disabilitas fisik, penyandang disabilitas intelektual, penyandang disabilitas mental dan penyandang disabilitas sensorik. Papar Arianto.

Atika Triana Juga ikut memberikan materi menyampaikan “ pemutakhiran data pemilih adalah salah satu tahapan krusial dalam sebuah penyelenggaraan pemilihan umum. Tujuannya memastikan akurasi data pemilih tetap yang akan berdampak pada peningkatan partisipasi pemilih. terkait dengan protokol kesehatan dalam melaksanakan pemutahiran data pemilih agar tetap menjalankannya dan terus saling mengingatkan.

Di bagian akhir dari Bimtek Rika Yanita menambahkan bahwa untuk proses pencoklitan dilapangan nanti berharap kepada seluruh petugas untuk bekerja sesuai jadwal dan target seperti halnya coklit sekarang dapat terlaksana lebih cepat dan rapat serta peran korwil agar selalu mendampingi PPS dan PPDP tahapan pemutakhiran ini sangat penting dan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab"Data pemilih ini penting, terlebih harus akurat dan berkualitas. [Media-Center.1]



Berita Terkait

berita kpu padang

​Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 dengan Universitas Taman Siswa

berita kpu padang

Bersama Mewujudkan “PILKADA BADUNSANAK” PILGUB SUMBAR 2020 (KPU Kota Padang Silahturahmi Beserta Sosialisasi dengan Komunitas Nelayan)

berita kpu padang

​Sosialisasi Pilgub Sumbar 2020 " LINDUNGI HAK PILIHMU!!!" (Sosialisasi Secara Langsung diikuti Sejumlah Wartawan Media Siber yang ada di Kota Padang)

berita kpu padang

Seluruh Jajaran KPU Kota Padang Jalani Rapid Test Massal