Berita KPU Padang

08-July-2020 : kpupadangkota

Pemilihan di Tengah Pandemi, KPU Kota Padang siapkan Sosialisasi Virtual

image kpu

PADANG-Rabu (08/07/2020) saat ini merupakan tahapan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020, KPU Kota Padang tangah menyiapkan langkah strategis untuk melakukan sosialisasi di tengah masyarakat untu pemilihan pada 9 Desember 2020.

Pemilihan ditengah pandemi merupakan tantangan bagi KPU untuk menargetkan partisipasi pemilih pada pemilihan tahun ini, karena kegiatan pendidikan pemilih dan sosialisasi akan berbeda jauh pada saat sebelum pandemi dengan demikian KPU Kota Padang saat ini merancang kegiatan pendidikan pemilih dan sosialisasi dengan cara virtual dan tatap muka terbatas. Dalam situasi pandemi ini, sosialisasi seperti musik, gelar budaya, pertemuan massal, dan kegiatan yang menghadirkan banyak masyarakat tidak dapat dilakukan. Dengan demikian pola pendidikan pemilih dan sosialisasi pemilihan akan berubah dratis.

Rancangan sosialisasi secara virtual ini dibahas pada saat rakor pada hari rabu pukul 10.wib di Kantor KPU Kota Padang oleh Komisioner KPU Atika Triana, Amid Muttaqim, Azwirman, Arianto dan Sutrisno Kasubag Teknis berserta Staf.

Sutrisno dalam rakor tersebut menjelaskan bahwa pada saat ini sosialisasi masih berjalan ditempat belum ada pertemuan-pertemuan dengan masyarakat. Saat ini kita tengah melakukan desain terkait bagaimana melakukan sosialisasi di masa pandemi ini menjadi efektifdan dapat menjangkau masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pada pemilihan nanti.

Dalam rancangan tersebut Sutrino menekankan bahwa untuk sosialisasi kita hanya dapat melakukan pertemuan terbatas sebanyak 20 orang dan dengan keterbatasan tersebut kita harus melaksanakan sosialisasi secara bersamaan melalui media live streming, virtual, dan media live lainnya yang dapat mencapai sebanyak 50- 300 peserta yang hadir dalam sosialisasi virtual tersebut. Untuk media sosial dan online kita harus memaksimalkannya yang juga merupakan salah satu bentuk mengurangi keramaian dan kerumunan

Sedangkan untuk daerah yang akan kita garap mejadi tempat sosialisasi seperti daerah yang rawan terjadinya pelanggaran pemilu di Kota Padang dandaerah yang memiliki daftar partisipasi yang rendah. Tambah sutrisno.

AtikaTriana juga menambahkan bahwa Sesuai dengan nuansa kepatuhan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, semua kegiatan massal secara fisik, digantikan kegiatan massal yang bersifat virtual. Pertemuan daring, rapat daring, diskusi daring dan koordinasi secara daring, dan asumsi pandemi corona ini, belum berakhir pada 9 Desember 2020 yang akan datang. untuk itu target kita sebagai penyelenggara dibulan juli ini kita harus melaksanakan 8 kali sosialisasi bersama masyarakat, komunitas, Parpol dan kelompok-kelompok lainnya. melalui sosialisasi ini kita juga berharap dapat meningkatkan antusias masyarakat dalam pelaksanaan pemilu nanti. Saat ini sedang berlagsung verifikasi faktual di lapangan. Atika Triana.[media-center.1]



Berita Terkait

berita kpu padang

​Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 dengan Universitas Taman Siswa

berita kpu padang

Bersama Mewujudkan “PILKADA BADUNSANAK” PILGUB SUMBAR 2020 (KPU Kota Padang Silahturahmi Beserta Sosialisasi dengan Komunitas Nelayan)

berita kpu padang

​Sosialisasi Pilgub Sumbar 2020 " LINDUNGI HAK PILIHMU!!!" (Sosialisasi Secara Langsung diikuti Sejumlah Wartawan Media Siber yang ada di Kota Padang)

berita kpu padang

Seluruh Jajaran KPU Kota Padang Jalani Rapid Test Massal