Berita KPU Padang

18-August-2020 : kpupadangkota

​Peran Partai Politik Dalam Mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

image kpu

PADANG- Selasa (18/08/2020) bertempat di HW Hotel KPU Kota Padang mengadakan pertemuan bersama Partai Politik di Kota Padang dalam rangka sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020yang membahas tentang peran partai politik dalam mensukseskan pemilihan pada pemilihan serentak 9 Desember 2020 dengan menghadirkan pengurus 16 parpol tingkat Kota Padang serta beberapa Ormas.

Ancaman" kesehatan, keselamatan dan kenyamanan jadi tantangan pemilihan serentak 2020 yang digelar pada masa kenormalan baru pandemi Covid19. Di Sumbar, pemilihan ini akan digelar di dua kota, 11 kabupaten dan provinsi. "Ancaman ini akan memengaruhi partisipasi sekaligus kualitas demokrasi yang dihasilkan pada pemilihan serentak yang pencoblosannya dilakukan pada 9 Desember 2020 nanti," Pernyataan ini disampaikan , Asrinaldi Akedemisi Universitas Andalas Fakultas Ilmu Politik dan Sosial yang dihadirkan oleh KPU Kota Padang bertindak sebagai Narasumber dalam acara sosialisasi tersebut.


Sosialisasi yang dimoderatori Heru Permana Putra Akademisi dari IAIN Bukittinggi, dengan mengambil tema "Peran Partai Politik dan Ormas untuk Menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020."

Menurut Asrinaldi, indikator akan menurunnya partisipasi itu antara lain, setiap agenda pemilihan digelar, masyarakat memiliki persepsi, kehidupan mereka akan sama saja. Tak akan ada perubahan berarti dari waktu ke waktu.

Kemudian, fokus masyarakat juga lebih pada pemenuhan ekonomi yang terdampak parah akibat Covid19.

"Potensi menurunnya kualitas demokrasi elektoral kita yang ditandai dengan turunnya angka partisipasi, salah satunya bisa diatasi dengan diseminasi informasi tentang pentingnya pilkada ini secara massif," ungkap dia.

"KPU harus terus mengampanyekan pemilihan ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan sehingga aman bagi pemilih. Ini nantinya akan memengaruhi keputusan pemilih untuk menggunakan hak pilihnya," tambah dia.

Selain itu, Asrinaldi menekankan, pemilihan kepala daerah 2020 ini merupakan ajang pembuktian pencapaian perolehan suara pada pemilu 2019 lalu.

"Ujian partai politik sebagai partai kader atau massa akan menemukan momentumnya di pemilihan serentak 2020 ini."

"Apakah suara yang diraih pada pemilu 2019 lalu, berkorelasi dengan perolehan suara pasangan calon yang diusung pada pemilihan sekarang ini," tegasnya.Tantangan Berat

Sementara, Ketua KPU Padang, Riki Eka Putra mengatakan, masa kenormalan baru pandemi Covid19 memang jadi tantangan dalam mewujudkan target partisipasi pemilihan 2020 secara nasional sebesar 77,5%.

Pada pemilihan serentak 2015 lalu, ungkap Riki, tingkat partisipasi di Kota Padang sebesar 52%. Pada pemilihan wali kota wak wakil wali kota Padang 2018, naik dua digit jadi 63%. Kemudian, pemilu serentak 2019, mencapai angka 79%.

"Trend kenaikan angka partisipasi ini, jadi tantangan berat bagi KPU Padang saat menyelenggarakan pemilihan serentak 2020 di masa kenormalan baru pandemi Covid19 ini," ungkapnya.

Perwakilan dari parpol juga memberikan saran kepada KPU dalam upaya peningkatan partisipasi dalam pemilihan nanti berharap KPU agar membuat TPS di setiap kelurahan dengan gaya yang lebih menariik agar dapat menarik perhatian masyarakat untuk datang dan tidak hanya itu agar KPU juga menyediakan seperti dooprize dalam pemilihan tersebut.

Sosialisasi ini juga dihadiri komisioner KPU Padang, Hamid Mutaqin dan Atika Triana, Lucky Darma Yuli Putra (sekretaris KPU Padang), Sutrisno (Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Padang) serta staf lainnya.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 Wib tersebut juga disiarkan secara live di halaman Facebook KPU Kota Padang dan acara diakhri dengan makan siang bersama.[Media.Center.1]



Berita Terkait

berita kpu padang

KPU Kota Padang Serahkan Piagam Penghargaan Kepada PPK Atas Suksesnya Pemilihan Serentak 2020

berita kpu padang

MODEL D HASIL PERKECAMATAN KOTA PADANG

berita kpu padang

Hari Kedua Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara KPU Kota Padang tetapkan Perolehan Hasil Suara untuk Kota Padang

berita kpu padang

Kpu Kota Padang Secara Resmi Buka Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Hasil Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 tingkat Kota Padang