Berita KPU Padang

02-October-2020 : kpupadangkota

​KPU Kota Padang Peringati Hari Kesaktian Pancasila dengan melakukan Sosialisasi bersama Angkatan Muda Muhammadiyah Padang (“Peran Pemuda Mengawal Pemilihan Kepala Daerah 2020 Dimasa Pandemi Covid-19” )

image kpu

PADANG-Pada Hari Kamis (1/10/2020) bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, KPU Kota Padang menggelar sosialisasi bersama dengan Angkatan Muda Muhammadiyah Padang. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi diselenggarakan pada pukul 16.00 di Malabar Arham Rimbo Kaluang dengan sebanyak 20 orang, peserta yang hadir sangat dibatasi hal tersebut terpaksa dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Acara Sosialisasi bersama Angkatan Muda Muhammadiyah tersebut mengangkat tema “Peran Pemuda Mengawal Pemilihan Kepala Daerah 2020 Dimasa Pandemi Covid-19” merupakan sebuah bentuk dari salah satu untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila oleh KPU Kota Padang dengan menghadirkan Pemuda-pemuda dari Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Padang agar ikut andil dalam pengawasan serta pelaksanaan Pemilihan serentak pada hari Rabu 9 Desember mendatang.

Turut hadir sebagai Narasumber Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra dan Toni Markos Akedemisi UIN Padang.

Acara buka oleh Komisioner KPU Kota Padang Atika Triana Divisi Parmas, dalam pembukaan Atika Triana menyampaikan “ saat ini KPU Kota Padang akan terus melakukan kegiatan sosialisasi dengan mengadakan pertemuan-pertemuan dengan jumlah peserta yang terbatas, ada secara offline seperti saat ini dan online, bersifat edukasi. Harapan kami dengan adanya sosialisasi ini bisa menjadi bagian yang mengedukasi masyarakat. Teman teman angkatan muda Muhammadiyah, hari ini hari kesaktian pancasila. Ada 2 momentum yang diambil pada momen ini, ini adalah momentum bagaimana kita bangkit berjuang dan menang. Kebangkitan yang sesungguhnya bukan melawan pendjajah. kami berharap angkatan muhammadiyah mengedukasi menjadi pemuda yang anti hoax, anti sara bagi masrakat sekitar lingkungannya dan turut mengawal pilkada yang aman”.

Acara yang dimoderatori oleh Deri Rizal Ketua Muhammadiyah Sumbar memberikan kesempatan kepada Narasumber untuk mayampaikan materinya.

Toni Markos dalam kesempatan menyampaikan “Sosialisasi bagaimana edukasi pilkada yang kita hadapi? Satu hal yang harus diyakini yang akan dihadapi di kalangan pemuda adalah berhadapan dengan komunitas-komunitas. saat ini Kota Padang tingkat golputnya lebih dari 25%. apalagi dalam suasana covid semuanya dalam kepanikan, tingkat golput bisa sangat tinggi. Kita sosialisasikan bahwa memilih in mubah. Maka sesungguhnya memilih, jika mendirikan negara itu wajib maka memilih itu sesuatu yang wajib.

Maka mengikuti proses negara itu wajib.Dalam pemilu ini peran pemuda sangat dibutuhkan seperti menjadi pengawas, pemantau, sebagai penyelenggara, pemantau, pengawas, partisipan. Diharapkan untuk para pemuda agar selalu menjadi Partsipan aktif dan pasif.

Riki Eka Putra Juga menghimbau pemuda muhammadiyah dalam penjelasannya bahwa saat ini KPU tengah berinteraksi dengan seluruh elemen masyarakat karna didalam masa pandemi ini seluruh aktivitas memiliki keterbatasan. Dalam tahapan sebelumnya kegiatan KPU biasa dilakukan dengan menghadirkan peserta sebanyak mungkin dan pada hari ini ditengah pandemi kita dipaksa untuk menjaga jarak, mengurangi kerumunan. Langkah KPU adalah kita perbanyak pertemuan karena ada tantangan partisipasi kami meminta bantuan dan dukungan dari yang hadir saat ini melakukan pendekatan organisasi masing-masing. Pemuda muhammadiyah membantu KPU mendorong pemiilih datang ke TPS dengan rasa aman. Apa yang diinformasikan bahwa ada yang baru di TPS kita ditanggal 9 Desember2020 serta sepenuhnya menjalankan protokol Covid.

Di akhir acara Ketua Angkatan Muda Muhammadiyah memberikan suvenir KepadaKetua KPU Kota Padang dan dilakukan Foto bersama.[Media-Center.1]



Berita Terkait

berita kpu padang

KPU Kota Padang Serahkan Piagam Penghargaan Kepada PPK Atas Suksesnya Pemilihan Serentak 2020

berita kpu padang

MODEL D HASIL PERKECAMATAN KOTA PADANG

berita kpu padang

Hari Kedua Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara KPU Kota Padang tetapkan Perolehan Hasil Suara untuk Kota Padang

berita kpu padang

Kpu Kota Padang Secara Resmi Buka Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Hasil Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 tingkat Kota Padang