Berita KPU Padang

07-October-2020 : kpupadangkota

​KPU Kota Padang Sosialisasikan PKPU Dimasa Pandemik, Peraturan Daerah Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Bersama Parpol dan Ormas

image kpu


PADANG-Komisi Pemilihan Umum Kota Padang bersama dengan Pimpinan/perwakilan Partai Politik tingkat Kota dan Ormas melakukan sosialisasi terkait Peraturan KPU, Peraturan Derah tentang Adaptasi kebiasaan baru dan peraturan daerah tentang ketertiban umum serta metode sosialisasi kampanye dimasa pandemi covid-19 ini untuk milihan Serentak Tahun 2020.

Sosialisasi yang dilakukan pada hari Selasa (06/10/2020) di salah satu cafe di Kecamatan Padang Barat tersebut dengan Narasumber dari Ketua Bawaslu Kota Padang Dorri Putra dan Amid Muttaqim Komisioner KPU Kota Padang Divisi Teknis serta Turut hadir Ketua KPU Kota Padang Riki eka Putra dan Kasubag Teknis Sutrisno.

Sosialisasi dibuka oleh Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, dalam sambutannya yang juga bertindak sebagai Narasumber menyampaikan pertemuan yang kita lakukan untuk mensosialisasikan dan menyampaikan terkait dengan agenda tahapan yang sedang berlangsung yaitu kampanye. Tahapan kampanye ini dilaksanakan berdasarkan 2 peraturan KPU yang mengatiur pelaksanaan kampanye 1. PKPU tentang pelaksanaan kampanye dalam pemilihan kepala daeraha. 2. PKPUno 6 2020 yang sudah diubah tentang pelaksanakan tahapan dalam masa covid 19 yang sednag dilaksanakan saat ini. Dimasa pandemik ini mengumpulkan masyarakat dilarang. Bagaimana detailnya nanti akan digali oleh pamateri disampaikan oleh Amid Muttaqim Divisi Teknis Kpu Kota Padang dan Dori Putra Ketua Bawaslu Kota Padang.”

Kesempatan ini kami sampaikan KPU Kota Padang masih berada dalam tahapan masa kampanye, kedua pemutakhiran data pemilih juga sedang berlangsung di 104 kelurahan sedang rapat pleno terbuka sampai tanggal 16 oktober ini . Sebagaimana disampaikan artinya PKPU khusus yang mengatur semua tahapan dalam masa pandemic, diatur PKPU 4 menjadi PKPU nNo 11, 26 september – 5 desember nanti merupakan masa kampanye berlangsung selama 71 hari. Untuk Metode kampanye yaitu:

1. Pertemuan terbatas

2. Pertemuan tatap muka dan dialog

3. Debat public debat terbuka antar paslon

4. Penyebaran bahan kampanye kepada umum

5. Pemasangan apk

Definisi, Kampanye, Media social, Media daring, Iklan kampanye di media sosial, Iklan kampanye di media daring. Pertemuan terbatas dan tatap muka tidak dilarang/diubah di masa covid ini. Hanya saja jelas diatur dalam PKPU No 13 Tahun 2020 untuk melaksanakan petemuan terbatas. Wajib . ujar Amid Muttaqim.

Dorri Putra Ketua Bwaslu Kota Padang juga memaparkan “ bahwa untuk saat ini bawaslu Focus pada pengawasan yaitu Pengawasan penyelenggaraan tahapan pilkada, Penyelenggara, KPU dan jajaran adhoc, Peserta yang ikut dalam pilkada di Kota Padang dan Pihak yang terlibat langsung atau tidak langsung. (asn, tni polri yang harus netral saat pilkada ini)”.

Sedangkan aturan untuk alat peraga kampanye, dipasang dizona yang telah ditetapkan oleh KPU, difasilitasi KPU dan dapat ditambah 200% oleh paslon serta ukuran harus sesuai ketetapan KPU tambah Dorri.

Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra diakhir acara menambahkan bahwa untuk persiapan KPU dalam persiapan pemungutan syuara yang akan dilakukan pada 9 desember saat ini KPU Pusat sedang membahas tentang perpanjangan waktu pemilihan, pemilihan dimasa pandemi merupakan tantang bagi penyelenggaraan, pilkada serentak saat ini kita mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat. “Bahwa keselamatan masyarakat, kesehatan masyarakat adalah segala-galanya. Jadi, protokol kesehatan harus tetap di utamakan di saat hari pemungutan suara nanti. ujar Riki

”[Media-Center.1]



Berita Terkait

berita kpu padang

KPU Kota Padang Serahkan Piagam Penghargaan Kepada PPK Atas Suksesnya Pemilihan Serentak 2020

berita kpu padang

MODEL D HASIL PERKECAMATAN KOTA PADANG

berita kpu padang

Hari Kedua Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara KPU Kota Padang tetapkan Perolehan Hasil Suara untuk Kota Padang

berita kpu padang

Kpu Kota Padang Secara Resmi Buka Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Hasil Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 tingkat Kota Padang