Berita KPU Padang

03-November-2020 : kpupadangkota

KPU Kota Padang Gandeng GP Ansor Gelar Sosialisasi Pilgub 2020

image kpu

Kpu Kota Padang: Komisi Pemilihan Umum Kota Padang pada hari selasa 3/10/2020 melaksanakan sosialisasi kepada Komunitas GP Ansor Kota Padang.

Kegiatan sosialisasi yang di ikuti sebanyak 20 orang peserta dari GP Ansor dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dalam masa pandemi.

Dihadiri oleh Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra dengan mengawali kegiatan dengan kata sambutan dan membuka acara secara langsung.

KPU Kota Padang menghadirkan 3 orang Narasumber yaitu Arianto Komisioner KPU Kota Padang Divisi Program dan Data, Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman mantan Komisioner KPU Pariaman serta Ketua GP Ansor dan Beni kharisma pengajar Hukum Tata Negara Universitas Andalas.

Materi pertama disampaikan oleh Arianto berkaitan dengan data pemilih serta kategori masyarakat yang dapat melakukan serta berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman dalam materinya menyampaikan Kita sebagai ansor sebagai penolong menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah terkait dengan pelaksanaan pilgub kita berperan sebagai anak muda merangkul anak muda dan pemilih untuk memilih agar bisa menggunakan hak pilihnya.

Kita harus menciptakan pilkada yang bersahabat. Kita berharap ini penting dan amanah dalam memilih pemimpin dan tidak menciptakan klaster dan tetap dalam menjaga kesehatan di masa pandemi ini.

Ia juga menyatakan pentingnya berpartisipasi dalam momen demokrasi dan memilihan pemimpin yang terbaik dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk sumatera Barat Kita harus tetap menjaga integritas jangan sampai kita menjual hak pilih kita hanya dengan iming-iming uang. Apalagi ini semua adalah pemuda Ansor jadi kita harus faham regulasi dan memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara dan tanpa ada ajakan kita sudah ada terdepan dalam menjaga pilkada ini. Rahmat Tuanku Sulaiman.

Dalam acara yang dimulai pada pukul 16.00 Wib -18.00 wib bertempat di Kecamatan Padang Barat dengan Moderator Kasubag Teknis KPU Kota Padang Sutrisno menyampaikan bahwa agenda kegiatan sosilisasi yang sekarang terlaksanakan ini merupakan rancangan awal yang telah di rencanakan oleh KPU Kota Padang, dan dengan adanya sosialisasi serta kehadiran dari GP Ansor semoga dapat membawa peru ahan ketengah masyarakat terutama Kota Padang dalam menyukseskan serta mengajak meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Kota Padang dengan GP Ansor sesuatu yang sangat baik dalam menggerakan Pemuda menjadi sahabat bagi KPU. Dengan hal demikian dapat mendorong dan memdukung program- program KPU dalam bentuk keamanan kenyamanan dan sebagai bentuk informasi kepada masyarakat dalam kepemiluan serta mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suara mereka, tambah Rahmat Tuanku Sulaiman.

Panyampaian materi disambung oleh Beni Kharisma dengan Topik yang berbeda yaitu tentang peran Kepemudaan dalam Pengawasan Partisipasipatif merupakan tujuan untuk terselenggaranya pemilihan yang jujur adil bersih dan transparan dan hasilnya bisa diterima oleh semua pihak baik peserta pemilu maupun masyarakat.

Beni juga menyinggung tentang indek kerawanan dalam pemilu. Dalam materinya bemni menyebutkan faktor faktor serta aktor dalam kerawanan pemilu yaitu penyelenggara pemilu tidak netral, tidak profesional dan peserta pemilu pelanggaran aturan pemilu, sangketa antar peserta pemilu dengan penyelenggara dan masyarakat seperti konflik antar pendukung.

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota Komisioner KPU Kota Padang Atika Triana, Amid Muttaqim, Azwirman dan Sekretaris KPU Kota Padang Lucky Dharma Yuli.

Diakhir acara dilakukan sesi tanya jawab bersama narasumber dan dilanjutkan dengan foto bersama.(Media-Center.1)



Berita Terkait

berita kpu padang

KPU Kota Padang Serahkan Piagam Penghargaan Kepada PPK Atas Suksesnya Pemilihan Serentak 2020

berita kpu padang

MODEL D HASIL PERKECAMATAN KOTA PADANG

berita kpu padang

Hari Kedua Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara KPU Kota Padang tetapkan Perolehan Hasil Suara untuk Kota Padang

berita kpu padang

Kpu Kota Padang Secara Resmi Buka Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Hasil Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 tingkat Kota Padang