Berita KPU Padang

08-November-2020 : kpupadangkota

KPU Kota Padang Ajak Karang Taruna Sumbar Turut Tingkatkan Partisipasi Pemilih

image kpu

PADANG- Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera barat Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Kota Padang yang mempunyai target tersendiri dalam meningkatkan partsipasi pemilih terus berupaya melakukan sosialisasi ke berbagai komunitas masyarakat yang dianggap punya peran penting dan dapat menjadi agen kepada masyarakat luas dalam mensosialisasikan serta memiliki semangat dalam mensukseskan pemilu.

Sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kota Padang kali ini bersama Karang Taruna Sumatera Barat dengan cara diskusi santai pada hari Minggu (8/11/2020) pukul 16.00Wib-18.00 Wib di sebuah cafe di Kota Padang.

Kegiatan dihadiri sebanyak 20 orang peserta dari Karang Taruna yang tergabung dari seluruh Sumatera Barat dan Perwakilan Kota Padang sesuai kapasitas pembatasan pertemuan untuk menghindari keramaian sesuai protokol covid-19.

Acara dibuka langsung Atika Triana Komisioner KPU Kota Padang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, dalam sambutan pembukaan tersebut Atika mengajak serta Karang Taruna diharapkan bisa menjadi pelopor dan meningkatkan partisipasi pemilih, sehingga bisa membawa pemilu pada level yang demokratis dan bermartabat dan turut serta aktif dalam mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan yang akan digelar 9 Desember nanti.

Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut KPU Kota Padang juga turut mengundang Ketua Karang Taruna Sumatera Barat Mahdianur Musa, Firdaus diezo Salah satu Akademisi Di Universitas Ekasakti dan Komisioner KPU Kota Padang Ariannto.Setelah sambutan yang disampaikan oleh Atika Triana serta resmi membuka acara Sosialisasi yang bertema " Peran Pemuda dalam Mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 dimasa Pandemi" lanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber Firdaus Diezo

"bahwa dalam pemilihan saat ini masyarakat yang berasal dari kaum muda sangat punya pengaruh yang sangat kuat dalam partisipasi politik untuk memsukseskan pilkada di era pandemi saat ini, pilkada di era pandemi saat ini adalah soal perlindungan hak atas kesehatan dan hak memilih. Tantangan yang hadir di saat ini pelaksanaan pilkada yaitu pelanggaran protokol kesehatan. Golput meningkat, kampanye yang terbatas serta celah politik uang serta hoaxs dan ujaran kebencian. Dengan itu Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat. Serta diharapakan partisipasi dari pemuda karang taruna dalam membangun narasi positif tentang pilkada pada 9 desember 2020. Paparnya.

Dalam kesempatannya Mahdianur Musa juga menyampaikan peran pemuda adalah sebagai agen, agen pengawas, kalangan intelektual yang memiliki idealisme semngat dan komitmen ti ggi dalam memyukseskan pemilu. Dalam pelaksanaan pilkada 2020 anak-anak muda sangat perlu berpartsipasi aktif seperti menjadi penyelenggara. Karang Taruna diharapkan bisa menjadi pelopor, sehingga bisa membawa pemilu pada level yang demokratis dan bermartabat semoga pilkada berjalan lancar dan menjadi pesta rakyat seutuhnya dengan peran optimal generasi muda di tengah masyarakat.

Dalam pemilihan yang akan diselenggarakan oleh KPU yang saat ini dilakukan dimasa pandemi. pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 akan menjadi pemilihan umum (pemilu) yang sangat penting, karena menjadi pemilu yang pertama kali diselenggarakan di tengah situasi pandemi.

Regulasi pelaksanaan saat ini terdapat tambahan Peraturan dari KPU seperti penerapan protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikan oleh Arianto" dalam pemilihan nanti di TPS akan ada 12 hal baru yang mesti di ikuti oleh pemilih dalam pelaksanaan hari Pemungutan suara seperti penyemprotan disinfektan secara berkala. Juga alat coblosnya nanti akan kita semprot. Penyediaan tempat cuci tangan portable di setiap TPS. adanya pedoman ini para pemilih setidaknya punya bayangan bagaimana protocol ketat kesehatan yang akan dijalankan saat Pencoblosan nanti.

Acara yang dilaksanakan dibuka sesi tanya jawab yang moderatori oleh Kasubag Teknis Sutrisno. Setelah pemamaparan materi oleh narasumber acara di tutup oleh Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra dan dilanjutkan penyerahan piagam oleh Ketua Karang Taruna Kepada KPU Kota Padang.(Media-Center.1)



Berita Terkait

berita kpu padang

KPU Kota Padang Serahkan Piagam Penghargaan Kepada PPK Atas Suksesnya Pemilihan Serentak 2020

berita kpu padang

MODEL D HASIL PERKECAMATAN KOTA PADANG

berita kpu padang

Hari Kedua Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara KPU Kota Padang tetapkan Perolehan Hasil Suara untuk Kota Padang

berita kpu padang

Kpu Kota Padang Secara Resmi Buka Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Hasil Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 tingkat Kota Padang