Berita KPU Padang

09-November-2020 : kpupadangkota

Tingkatkan Partisipasi Pemilih perempuan, KPU Kota Padang Menggelar Sosialisasi Pilgub Sumbar 2020 Bersama KPI Cabang Padang

image kpu

PADANG-Melihat Pentingnya peran perempuan di tengah Masyarakat, Komisi Pemilihan Umum Kota Padang menggelar kegiatan Sosialisasi bersama Komunitas yang tergabung dalam Koalisi Perempuan Indonesia (KIP). KPU Kota Padang juga mengajak KIP berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pilkada sumbar, ajakan tersebut disampaikan dalam bentuk kegiatan sosialisasi dengan diskusi santai yang digelar pada hari Senin (9/11/2020) di cafe jalan Raden Saleh Kota Padang.

Hadir Sebanyak 18 orang peserta yang tergabung dalam Koalisi Perempuan Indonesia, pelaksanaan sosialisasi dilakukan secara diskusi santai oleh KPU Kota Padang. Narasumber dalam kegiatan tersebut hadir Komisioner KPU Kota Padang Atika Triana Divisi Sosialisasi dan Parmas, Werdanengsih Dosen FIS UNP dan Ketua Koalisi Perempuan Indonesia Fitri Yenti.

Sebagai moderator Sandra Wulandari dalam sosialisasi yang bertema "Peran Perempuan Dalam Sukseskan Pilgub Sumbar Tahun 2020 dimasa Pandemi" meminta kepada Atika Triana sebagai perwakilan dari ketua KPU Kota Padang untuk memberikan kata Sambutan sekaligus membuka rangka acara kegiatan tersebut.

Setelah pembukaan acara langsung moderator memberikan kesempatan penyampaian Materi oleh Werdanengsih selaku narasumber. Dalam materinya disampaikan bahwa dalam pemilu kita mempunyai kearifan lokal. Kearifan lokal politik minangkabau politik damai pemilu yang berbasis kearifan lokal. Werdanengsih juga berharap agar terciptanya pemilu yang badunsanak yang dapat dijadikan sebagai kearifan lokal di sumatera barat untuk mewujudkan pilkada yang damai. Pemilu badunsanak memiliki makna adanya komitmen moral semua pihak baik penyelenggara pasangan calon serta pendukungnya untuk berkompetensi yang di alut oleh nilai-nilai kekeluargaan minangkabau selalu tercipta hubungan kekerabatan "makna kusuik-kusuik bulu ayam, kusuik banang, kusuiktampuruang yang artinya bertengkar tapi bersaudara dan satu tali kekerabatan tetap terjaga".

Perempuan mempunyai hak di ruang publik, perempuan harus memiliki kesempatan yang sama dalam berinteraksi dalam ruang publik. Perempuan mempunyai hak politik hak untuk memilih dan hak u tuk dipilih, dalam kehidupan demokrasi tidak ada hambatan bagi perempuan untuk memilih dalam pemilu. tambahnya

perempuan penting untuk terlibat secara aktif dalam setiap proses tahapan yang berdampak pada kesuksesan Pilkada 2020.Hal ini sangat penting. Tentu dengan memperhatikan dan memahami secara seksama visi dan misi calon, utamanya terkait pembangunan yang responsif gender. Karena itu, perempuan perlu menyalurkan hak pilihnya.

Fitri yenti dikesempatannya menyampaikan "Saya berharap kepada kaum perempuan untuk menjadi pemilih yang cerdas, dengan mencermati rekam jejak pasangan calon serta memahami visi, misi, dan program".

Selanjutnya Narasumber Atika Triana menyampaikan kepada seluruh peserta tentang pentingnya partisipasi perempuan dalam Pemilihan. Hal ini penting, pasalnya perempuan memiliki peran dan kapasitas yang sama dengan laki-laki dalam hal memilih pemimpin dan dipilih sebagai pemimpin, ia juga meyakinkan kepada seluruh peserta dari koalisi perempuan indonesia bahwa Pemilihan Tahun 2020 ini adalah Pemilihan yang sehat dan aman. Dimana di seluruh tahapan penyelenggaran Pemilihan Tahun 2020 ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Atika menyampaikan pula akan ada 12 hal baru di TPS dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020. “Yakni, Pemilih ada 500 pemilih, KPPS sehat, pengaturan kedatangan, memakai masker, mencuci tangan, cek suhu tubuh, memakai pelindung wajah, memakai sarung tangan, disinfektan TPS, tinta tetes, tidak bersalamam dan tidak berdekatan,” paparnya.

Sosialisasi kepada Pemilih Perempuan merupakan Strategi dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020. hal tersebut dilakukan oleh KPU Kota Padang bersama Koalisi Perempuan Indonesia agar Koalisi perempuan dapat menjadi agen yang akan menjawab pertanyaan masyarakat tentang pilkada yang 30 hari lagi digelar pada hari rabu 9 Desember 2020.

Sosialisasi berjalan secara lancar dan mendapatkan penuh antusias oleh para peserta sosialisasi, para peserta juga tampak mematuhi protokol kesehatan. Semua memakai masker. Acara ditutup dengan Foto bersama yang dilakuka oleh Peserta dengan Narasumber.(Media-Center.1)



Berita Terkait

berita kpu padang

KPU Kota Padang Lakukan pelipatan surat suara dengan penerapan protokol kesehatan

berita kpu padang

PPK se Kota Padang hari ini mulai lakukan Bimtek Kepada PPS dan KPPS

berita kpu padang

​KPU Kota Padang Fasilitasi serta Mendorong Warga untuk lakukan Perekaman KTP-EL untuk Dukung Pilkada

berita kpu padang

Persiapan Pendistribusian Logistik KPU Kota Padang lakukan Pelipatan Surat Suara